Kursus IELTS

IELTS Writing Test: Cara Jitu Raih Skor 6.5+

Cara mendapat skor IELTS tinggi sering terkendala di bagian menulis (writing) karena mungkin ini adalah bagian yang paling menantang bagi sebagian kandidat. Hanya dalam waktu 60 menit, dua tugas (task) harus diselesaikan. Di task 1 kandidat menulis deskripsi data visual yang berupa grafik atau diagram, sementara task 2 adalah menulis essay akademis.

Pernahkah terpikir mengapa writing test IELTS harus seperti ini? Penjelasannya karena Task 1 digunakan untuk melihat kemampuan kandidat mendeskripsikan data visual. Skill ini berguna saat menulis laporan di universitas. Sementara itu, Task 2 menilai kesanggupan untuk menulis skripsi atau tesis dalam bahasa Inggris.

Band score 6.5 adalah target yang cukup tinggi. Selain dengan mengikuti kursus IELTS, ada cara-cara jitu untuk meraihnya. Yuk, simak tips berikut ini.

  • Jauh-jauh hari sebelum test tingkatkan dulu kemampuan bahasa Inggris Anda, paling tidak harus selesai level Intermediate. Dengan begitu Anda sudah punya ‘senjata’ pengetahuan struktur, kosa kata, serta kemampuan menulis yang diperlukan.
  • Latihan, latihan, latihan. Test IELTS sama seperti berpacu dengan waktu. Anda harus menulis sebanyak paling tidak 150 kata (Task 1) dan 250 kata (Task 2) dalam waktu yang sangat terbatas. Manajemen waktu yang baik adalah kunci sukses.

Cara latihannya adalah sebagai berikut:

  • Kerjakan soal-soal test terdahulu yang dikeluarkan Cambridge, misalnya dari IELTS 11, IELTS 12, IELTS 13. Disarankan mencari versi terbaru karena tiap tahun Cambridge selalu memperbarui kumpulan soal ini.
  • Baca dan ikuti instruksi yang diberikan di soal. Kebanyakan kandidat gagal mencapai target nilai karena tidak melakukan dua hal ini. Misalnya di Task 1 ada kandidat yang mendeskripsikan data satu per satu padahal yang diminta hanya ringkasan atau essay di Task 2 tidak menjawab pertanyaan yang ada di soal.
  • Gunakan timer untuk melatih diri menyelesaikan soal dalam waktu yang telah ditentukan. Alokasi waktu yang disarankan adalah 20 menit untuk Task 1 dan 40 menit untuk Task 2. Kenapa? Karena Task 2 nilainya dua kali lipat dari Task 1.
  • Kalau mungkin, minta orang lain memeriksa tulisan Anda. Anda mungkin dapat mempertimbangkan mengikuti kursus IELTS. Kalau tidak ada yang bisa dimintai tolong, lihat model jawaban yang ada di bagian belakang. Model-model jawaban ini selalu dibarengi dengan band score dan komentar penguji. Bandingkan jawaban Anda dengan model jawaban, apakah persamaan dan perbedaannya. Perhatikan bagaimana pembagian ide dalam paragraf, pilihan kata, dan struktur kalimat yang digunakan.

Semoga dengan mengikuti tips-tips di atas Anda bisa mencapai band 6.5 atau lebih. Selamat mencoba dan best of luck!!

Ditulis oleh: Alda Agustine, pengajar IELTS di Catha Lingua Cipta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *